Kamis, 28 Agustus 2014

TATA CARA TIDUR MENURUT ISLAM



ADAB SEBELUM TIDUR (AGAR TIDUR BERNILAI PAHALA)

1. BERWUDHU

Dari Abdullah bin Umar radliyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih At Targhib wat Tarhib I/37)

2. BERBARING KE KANAN MENGHADAP KIBLAT

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka wudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari no.247 dan Muslim no.2710)

3. MEMBACA AYAT KURSI

“Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi." (HR. Bukhari no.3275)

4. MEMBACA AL-IKHLAS, AL-FALAQ, dan AN-NAAS

Dari ‘Aisyah, beliau radhiyallahu ‘anha berkata, “Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur di setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surat Al Ikhlash), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surat Al Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surat An Naas). Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan. Beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari no.5017)

5. BERDOA

Dari Hudzaifah, ia berkata, “Apabila Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam hendak tidur, beliau mengucapkan: ‘Bismika allahumma amuutu wa ahya (Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup).’ Dan apabila bangun tidur, beliau mengucapkan: “Alhamdulillahilladzii ahyaana ba’da maa amatana wailaihi nusyur (Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami, dan kepada-Nya lah tempat kembali).” (HR. Bukhari no.6324)

6. JANGAN BEGADANG

Diriwayatkan dari Abi Barzah, beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum shalat ‘Isya dan ngobrol-ngobrol setelahnya.” (HR. Bukhari no.568)

Semoga yang membaca maupun yang membagikan kebaikan dalam postingan ini :
✔ dimudahkan urusannya di dunia dan akhirat
✔ dipanggil oleh Allah dalam keadaan khusnul khotimah
✔ dimudahkan menjawab pertanyaan Munkar & Nakir di alam Kubur
✔ dikumpulkan ke dalam surga-Nya bersama orangtua dan orang-orang yg disayanginya.

:/Facebook

Tidak ada komentar:

Posting Komentar