Selasa, 12 Agustus 2014

Resep Membuat Bakso Ayam Enak Special Kenyal Kuah

Untuk anda pecinta bakso tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan rasa enak kenyal dan lezat dari bakso bukan ? bakso dinusantara kita ini memang begitu banyak macam bentuk dan variasinya . dari bakso solo dengan rasa lembut yang disajikan dengan mie , bihun , sayuran dan kuah yang segar . berbeda lagi dengan bakso malang , karena bakso malang disajikan dengan lebih banyak campuran .
Dari mie , tahu kuning , tahu putih , siomay , bakso bulat besar , pangsit basah atau pangsit kering berserta kuah hangat yang begitu segar . yang lebih menarik lagi dari bakso malang adalah yang sekarang sedang tren dan sangat diminati oleh masyarakat luas yaitu bakso bakar malang . bakso urat yang ditampilkan seperti sate karena cara penyajiannnya yang ditusuk-tusuk dengan lidi seperti sate pada umumnya ini memang sangat menggoda selera . mengalami proses pembakaran seperti sate dengan bumbu kecap dan disajikan dengan bumbu kacang yang disertai perasan jeruk nipis dan kuah segar ini memang patut menjadi vaforit masyarakat luas .
Penyajian yang sangat cantik dan bumbu yang pas membuat bakso bakar malang sangat enak dan nikmat . namun kali ini kami tidak akan membahas bakso bakar malang lebih lanjut . karena bakso bakar malang sudah pernah kami bahas dengan tuntas diresep bakso bakar malang yang sudah kami bagikan sebelumnya . tapi pada kesempatan kali ini Harian Resep akan membahas tentang bahan-bahan dan cara pembuatan bakso dengan menggunakan bahan dasar daging ayam .
Bakso dengan Daging ayam ? wow , ternyata bakso tidak hanya dapat dibuat dengan daging sapi , daging ikan dan tahu saja yah ? menggunakan daging ayam yang harganya cukup ekonomis dibandingkan dengan daging sapi ini memang cukup menarik . tapi jangan salah bun , rasa pada bakso ayam kali ini mempunyai rasa yang enak dan tekstur yang kenyal lembut seperti pada bakso daging sapi . jadi bunda dapat menghadirkan hidangan bakso yang enak namun lebih ekonomis karena menggunakan alternatif daging ayam .
Selain menggunakan bahan-bahan yang cukup ekonomis dan terjangkau . ternyata dalam pembuatan bakso ayam sendiri juga dapat dibilang cukup mudah . proses pembuatannya sama seperti pada saat seperti membuat bakso sapi pada umumnya . nah apakah bunda-bunda dirumah mulai penasaran ? jika iya , kita buat sama-sama yuck . silahkan simak , catat atau praktek langsung dengan resep bakso ayam beserta kuah segar gurih nya dibawah ini .

Resep Membuat Bakso Ayam Enak Special Kenyal Kuah

Resep Membuat Bakso Ayam Enak Special Kenyal Kuah

Bahan-bahan Bakso Ayam Enak Special Kenyal :

  • Daging ayam 500 gram ( dapat menggunakan bagian paha atau dada )
  • Air es 125 mili liter atau secukupnya ( gunakan juga untuk merendam bakso )
  • Kecap ikan 1 sendok makan
  • Tepung maizena 2 sendok makan
  • Secukupnya garam ( bisa 1-3 sendok teh )
  • Gula pasar 1/2 sendok makan
  • Backing powder 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/2 sendok teh
  • Kaldu bubuk 1/2 sendok teh ( opsional )
  • Minyak goreng 1/2 sendok makan 

Bahan Kuah Bakso Ayam Enak Special Kenyal :

  • Air kaldu dari rebusan bakso plus tulang-tulang ayam 2 liter
  • Merica bubuk 1 sendok teh
  • Kaldu bubuk 2 sendok teh
  • Daun bawang 2 batang
  • Kecap ikan 2 sendok makan
  • Bawang putih 5 buah ( haluskan )
  • Garam 2 sendok teh
  • Bawang merah yang digoreng ( bawang goreng ) digunakan sebagai taburan 
  • Secukupnya untuk menumis 

Cara Membuat Bakso Ayam Enak Special Kenyal :

  1. Pertama-tama siapkan daging ayam ( bagian paha atau bagian dadanya ) , potong kecil-kecil kemudian masukkan kedalam food prosessor atau alat pencincang daging biasa seperti dilender . kemudian tambahkan 5 sendok makan air es dengan sedikit demi sedikit sampai cincangan daging membentuk gumpalan .
  2. Selanjutnya angkat dan tuangkan adonan kedalam mangkuk besar . sediakan juga mangkuk berukuran kecil , lalu masukkan sisa air es , kecap ikan , garam , gula , kaldu bubuk , baking powder , baking soda , merica , minyak goreng dan tepung maizena kedalam mangkuk .
  3. Tambahkan juga larutan tepung ke permukaan adaonan daging ayam tadi , aduk perlahan dan biarkan bumbu atau cairan meresap . setelah itu aduk hingga adonan benar-benar merata dengan bumbu .
  4. Kemudian sediakan mangkuk yang didalam nya diberi air es . ambil adonan dan bantingkan ke mangkuk , jangan lupa basahi dulu tangan bunda supaya tidak lengket . lakukan hingga 10 x atau hingga gumpalan adonan terlihat lembut dan kenyal . kenapa seperti ini > manfaat dari membantingkan adonan ini yaitu untuk memastikan serat daging terlepas dan tidak saling menggumpal .
  5. Permukaan mangkok dialasi dengan plastik , lalu masukkan adonan ke dalam freezer selama kurang lebih tiga puluh menit .
  6. Setelah tiga puluh menit keluarkan adonan . ambil satu sendok makan adonan dengan menggunakan sendok lainnya . lalu bentuk adonan menjadi bulatan berdiameter 1,5 centi meter atau menurut selera . setelah itu masukkan adonan kedalam air panas . lakukan hingga semua adonan habis .
  7. Setelah panci sudah terpenuhi dengan adonan , hidupkan kompor kembali dan rebus menggunakan api kecil . jangan sampai mendidih sampai bergolak , tapi cukup dengan didihkan sampai menggeluarkan letupan-letupan kecil saja . maak hingga semua bakso mengapung . aduk bakso dengan sendok pengaduk lalu masak sampai matang .
  8. Nah jika bunda belum tahu tingkat kematangan bakso , bunda coba ambil satu bakso kemudian belah . jika masih berwarna pink , berarti bakso belum matang . 
  9. Sediakan mangkok yang isinya air dan es batu , bakso ditiriskan menggunakan saringan kawat , air kaldu bakso disisihkan untuk digunakan sebagai kuah bakso . kemudian masukkan bakso kedalam air es yang sudah anda siapkan tadi , rendam hingga dingin .
  10. Bakso siap untuk disantap atau dihidangkan .

Cara Membuat Bakso Ayam Enak Special Kenyal :

  1. Pertama sediakan wajan , tambahkan 1 sendok makan minyak goreng . tambahkan juga bawang putih , tumis hingga wangi dan matang , lalu angkat .
  2. Kemudian siapkan panci yang telah diisi air rebusan bakso , masukkan tulang belulang ayam ( jika ada ) . kemudian masukkan tumisan bawang putih tadi , lalu tambahkan kecap ikan , merica bubuk , dan kaldu bubuk . rebus hingga mendidih , masukkan bakso dan daun bawang . masak sampai matang , cicipi rasanya jika ada yang kurang silahkan tambahkan , angkat .
  3. Sajikan bakso bersama kuah selagi hangat .
Selesai , bakso yang enak dan kenyal akan semakin segar jika dihidangkan dengan kuah bakso yang gurih dan nikmat . bunda dapat menambahkan mie kuning , bihun , sayuran seperti tauge , caisim , daun bawan , bawang goreng dan lain sebagainya menurut selera . nikmati juga bakso ayam dengan saus cabai , sambal , cuka atau kecap manis agar lebih makyus dan nikmat . rasa enak sedap tidak kalah dengan yang dijual dipasaran pada umumnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar