Kamis, 22 Mei 2014

Bandros, Bus wisata Bandung





BANDUNG--Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Herlan Joerliawan mengatakan bus pariwisata Bandros akan beroperasi dalam waktu dekat setelah menjalani satu tes uji kelayakan yang terakhir.

Dia mengatakan pada Selasa (22/4/2014) depan, Dishub Kota Bandung akan melakukan uji kelayakan operasional sebelum kendaraan tersebut mendapat izin berjalan dan diserahkan ke Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung (BP2KB).

"Sedang disusun juga rute, sistem operasional, pengelolaan, dan cara beroperasinya, sehingga diharapkan dalam waktu dekat bus pariwisata ini dapat mulai beroperasi," katanya, Kamis (17/4/2014).

Pihaknya juga sudah rapat dengan Dinas Pemakaman dan Pertamanan (Diskamtan) Kota Bandung untuk melakukan pemangkasan beberapa pohon dan juga perapihan kabel, karena bus tersebut memiliki tinggi 4,6 m.

Herlan mengatakan pada pihaknya menargetkan pada Agustus nanti setidaknya tersedia 5 unit bus pariwisata yang serupa sebagai fasilitas bagi para wisatawan yang ingin berkeliling Kota Bandung.

"Sejauh ini sudah ada beberapa perusahaan lagi yang akan membantu penyediaan bus pariwisata ini sebagai program CSR."

Katanya, bus pariwisata ini akan disediakan gratis bagi para wisatawan mancanegara. Sementara bagi pawa wisatawan lokal, dapat menikmatinya dengan menunjukan struk belanja dari FO di Kota Bandung dengan nilai berapapun.

Dengan adanya bus pariwisata ini, diharapkan tingkat kunjungan wisatawan di Kota Bandung dapat lebih meningkat, sehingga berimbas pada tingkat hunian dan juga ekonomi bisnis pariwisata.