Jumat, 04 Juli 2014

Pintu Taubat Selalu Terbuka Bagi Yang Sungguh-sungguh Bertaubat


Jika ada seorang hamba berbuat dosa lalu dia mengatakan "Allahummaghfirliy dzanbiy " ( Ya Allah, ampunilah dosaku ). Lalu Allah berfirman 'Hambaku telah berbuat dosa, lalu dia mengetahui bahwa dia memiliki Rabb yang mengampuni dosa dan menghukumi setiap perbuatan dosa'. Maka Allah mengampuni dosanya, kemudian hamba tersebut mengulangi lagi berbuat dosa, lalu dia mengatakan, "Ya Rabbi, Agfirliy dzanbiy" (wahai Rabb, ampunilah dosaku ).
Lalu Allah berfirman, 'Hambaku telah berbuat dosa, lalu dia mengetahui bahwa dia memiliki Rabb yang mengampuni dosa dan menghukumi setiap perbuatan dosa. Beramallah sesukamu, sungguh engkau telah diampuni" (HR. Muslim no.2758 ). An Nawawi dalam syarh Muslim mengatakan bahwa yang dimaksud dengan 'beramallah sesukamu' adalah selama engkau berbuat dosa lalu bertaubat, maka Allah akan mengampunimu.(AL Minhaj Syarh Sahih Muslim, 17/75 ).
Surat Az Zumar ayat 53: Katakanlah,"Wahai hamba-hambaku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari Rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
"Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina, barangsiapa melakukan demikian itu, niscaya dia mendapat (pembalasan) dosa (nya), yakni akan dilipatgandakan azab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam azab itu, dalam keadaan terhina, kecuali orang-orang yang bertobat, beriman dan mengerjakan amal sholeh, maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Furqaan : 68-70 )