KIBLAT.NET – Anda pasti tidak ingin puasa batal. Banyak pembatal puasa yang kita dapatkan di buku-buku fikih puasa. Namun, tidak jarang perkara-perkara baru dalam kehidupan modern ini menimbulkan keraguan, apakah membatalkan puasa atau tidak.
Namun, Anda tidak perlu repot karena Kiblat telah mengumpulkan perkara-perkara yang sering ditanyakan kepada para ulama apakah membatalkan puasa atau tidak. Simpan atau bookmark halaman ini, karena mungkin bermanfaat untuk Anda dan orang lain.
No | Sebab | Batal? | Fatwa Syaikh | Catatan |
1 | Maskara | Tidak | Ibnu Taimiyah, Ibnu Utsaimin, Bin Bazz | |
2 | Obat Tetes Mata | Tidak | Ibnu Taimiyah, Bin Bazz dan Ibnu Utsaimin | |
3 | Supositoria (memasukkan obat melalui dubur dan lainnya) | Tidak | Ibnu Utsaimin | |
4 | Obat tetes telinga | Tidak | Ibnu Taimiyah, Bin Bazz dan Ibnu Utsaimin | |
5 | Sprayer asma | Tidak | Lajnah Daimah, Bin Bazz, dan Ibnu Utsaimin | |
6 | Oksigen Sprayer | Tidak | Sa’d Al-Khatsalan | |
7 | Suntik Penisilin | Tidak | Ibnu Utsaimin | |
8 | Suntik Insulin untuk penderita gula darah | Tidak | Lajnah Daimah | |
9 | Anestesi gigi, tambalan, dan pembersihan | Tidak | Bin Bazz | |
10 | Penggunaan Parfum dan menciumnya | Tidak | Bin Bazz dan Ibnu Utsaimin | |
11 | Make up | Tidak | Bin Bazz dan Ibnu Utsaimin | |
12 | Periksa darah | Tidak | Bin Bazz dan Ibnu Utsaimin | |
13 | Renang dan menyelam | Tidak | Utsaimin | |
14 | Mimpi basah | Tidak | Bin Bazz dan Ibnu Utsaimin | |
15 | Siwak asli tanpa aroma | Tidak | Bin Bazz dan Ibnu Utsaimin | |
16 | Menelan dahak | Tidak | Utsaimin | |
17 | Obat tetes hidung | Tidak | Utsaimin | Selama tidak masuk ke lambung |
18 | Pelembab bibir | Tidak | Utsaimin | Selama tidak ditelan |
19 | Mimisan dan pencabutan gigi yang disertai darah keluar | Tidak | Ibnu Utsaimin dan Bin Bazz | |
20 | Obat kumur | Tidak | Utsaimin | Dengan syarat tidak ditelah |
21 | Menyikat gigi dengan pasta gigi | Tidak | Bin Bazz dan Ibnu Utsaimin | Selama tidak masuk ke lambung |
22 | Mencicipi makanan (tanpa menelan) | Tidak | Utsaimin | Bila diperlukan saja |
23 | Muntah tanpa sengaja | Tidak | Ibnu Utsaimin dan Bin Bazz | |
24 | Suntik melalui otot, kulit, atau pembuluh darah | Tidak | Ibnu Utsaimin dan Bin Bazz | |
25 | Sekedar mencium ukupan (asap pewangi) | Tidak | Ibnu Utsaimin | |
26 | Suntik nutrisi | Ya | Ibnu Utsaimin dan Bin Bazz | |
27 | Muntah dengan sengaja | Ya | Ibnu Utsaimin dan Bin Bazz | |
28 | Onani | Ya | Ibnu Utsaimin dan Bin Bazz | |
29 | Koyo nikotin | Ya | Lajnah Daimah | |
30 | Menghidup ukupan dengan sengaja dan tahu | Ya | Ibnu Utsaimin |
Pertama: bisa memberikan tenaga dan mengenyangkan serta bisa menggantikan makan dan minum, maka ini semakna dengan pembatal puasa.
Kedua: tidak bisa memberikan tenaga dan mengenyangkan serta bisa menggantikan makan dan minum, maka ini tidak membatalkan puasa. Karena tidak didapati dalil nash ataupun makna akan hal ini. Dan suntikan bukanlah semakna dengan makan dan minum.”
Hal ini dikuatkan oleh fatwa Lajnah Daimah (Komisi Fatwa Arab Saudi):
“Boleh berobat dengan disuntik di lengan atau pembuluh darah, bagi mereka yang puasa di siang hari Ramadhan. Namun, orang yang sedang berpuasa tidak boleh diberi suntikan nutrisi (infus dan sejenisnya) di siang hari Ramadhan karena ini sama saja dengan makan atau minum. Oleh sebab itu, pemberian suntikan infus disamakan dengan pembatal puasa Ramadhan. Kemudian, jika memungkinkan untuk melakukan suntik lengan atau pembuluh darah di malam hari maka itu lebih baik.” (Dikumpulkan oleh Agus Abdullah)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar