Jumat, 25 April 2014









Usia muda pasien kanker hati di daratan Tiongkok semakin lama semakin jelas. Seorang bocah perempuan berumur 5 tahun di Chengdu, Tiongkok, enam bulan lalu diperiksa dokter menderita kanker hati stadium lanjut. Belakangan dokter menyatakan gadis kecil itu tak terobati dan meninggal.
Dokter menganggap bahwa usianya masih muda untuk menderita kanker hati. Alasan utama adalah karena mengkunsomsi mie instan sosis dan minuman cola sebagai bahan pangan pokok makanan.
Menurut laporan media daratan Tiongkok, Chengdu sebuah rumah sakit dokter onkologi mengatakan, enam bulan lalu, gadis berumur 5 tahun ini karena sakit, maka ia dikirim ke rumah sakit untuk diperiksa. Namun saat itu dia sudah menderita kanker hati stadium akhir. Dia dirawat di rumah sakit selama enam bulan dan akhirnya meninggal dunia.
Dokter mengatakan dalam keluarga gadis kecil tersebut tidak ada yang menderita kanker hati. Biasanya tubuh anak itu juga baik, tetapi dari usia dini sudah suka makan mie instan dan sebatang sosis, ditambah dengan minuman Cola.
Makanan ringan sehari-hari pada umumnya adalah sebungkus mie instan, sosis dan segelas minuman cola. Hal ini diduga menjadi alasan utama mengapa gadis kecil itu menderita kanker hati. kemungkinan dari kebiasaan makan makanan yang tidak sehat itu.
Dokter mengatakan kanker hati dini pada umumnya tidak ada gejala yang jelas, ketika muncul gejala jelas, itu sudah mencapai sekitar 1/3 dari stadium lanjut .
Dari data statistik 2013 yang baru-baru ini dirilis oleh Biro Kesehatan Chengdu dilaporkan bahwa di daerah itu setiap hari rata-rata ada 62 pasien kanker baru, setiap hari 72 orang meninggal akibat kanker. Dalam setahun, sekitar 26.280 orang meninggal karena kanker.
Onkologi itu mengatakan usia muda penderita kanker terus bergerak berkembang, stres bekerja, stres mental, minum alkohol berlebihan, hidup tidak teratur, kebiasaan makan yang tidak sehat akan menyebabkan beban hati tambah berat. Hal itulah faktor penting yang menyebabkan kanker hati.
Dokter menyarankan orang harus berhenti merokok, minuman alkohol , tidur larut malam dan kebiasaan buruk lainnya. Mengubah makan makanan pedas, pola makan yang buruk terutama dengan makan daging sebagai makanan utama. Anak-anak muda yang merasakan kondisi fisiknya baik, juga harus memeriksa kesehatannya fisiknya setahun sekali untuk menjamin bahwa jika menderita kanker dini dapat terdeteksi dan mengobatinya secara dini .
Jumlah penderita kanker di Tiongkok tertinggi di dunia
"World Cancer Report" yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada awal Februari tahun ini menunjukkan bahwa kanker telah menjadi penyebab kematian terbesar pada manusia di dunia saat ini. Persentase penderita kanker di daratan Tiongkok adalah yang pertama di dunia.
Belum lama ini, Zhao Yiming, wakil direktur Dokter Bedah Hospital & Yuying Children's Hospital of Wenzhou Medical College, Zhejiang Tiongkok mengatakan tumor ganas telah menjadi penyebab utama kematian penyakit pediatrik di perkotaan Tiongkok.
Menurut statistik, Tiongkok memiliki sekitar 300 juta anak di bawah usia 14 tahun, rata-rata dalam setiap 10.000 anak-anak ada 1 anak yang menderita tumor ganas, dan persentase penderita sedang tumbuh pada tingkat 5 % setiap lima tahun.
Dokter mengatakan faktor penyebab tumor sangat kompleks. Perubahan besar dalam lingkungan hidup, kualitas air, udara dan pencemaran lingkungan lainnya, makanan yang mengandung aditif berlebihan, residu pestisida, serta makanan yang dimodifikasi secara genetik dan lain-lain semua dapat menyebabkan kanker. Ahery -(lim/rahmat)